Ducati , Kok Rajin Banget Ikut Balapan ?

Pabrikan Kecil tapi Jor Joran di ajang balap

Dari 28 Kontestan WSBK tercatat Ducati memiliki 8 orang pembalap, alias 28 % dari jumlah keseluruhan peserta. Padahal pabrikan raksasa lain yang memiliki omset puluhan bahkan ratusan kali lipat dari Ducati paling banter menempatkan 6 pembalap itu pun (Honda) sedangkan Aprilia, BWM, Kawasaki memberikan poris 4 Pembalap. Suzuki dan Yamaha hanya 2, terkesan aneh bukan ? Mengingat pabrik motor ini di Bologna saja cuma memperkerjakan tak lebih dari 3000 orang !

Lha Wong Ducati Jualan Motor Balap kok

Bila pabrikan lain ikut balapan demi melakukan promosi, dan begitu omzet turun mereka langsung cabut dari ajang tersebut. Contohnya Yamaha di WSS ataupun Kawasaki di WSBK dimana sekarang cuma didukung privateer. Sebaliknya, Ducati memang menjual Superbike 1098R  RS – 09 dan kini 1198 RS-10 ke tim privateer asalkan tim tersebut berkomitmen untuk ikut balapan setidaknya 3 musim kedepan untuk level nasional atau 1 musim untuk level internasional. Makanya jangan heran jika Ducati getol banget ikut balap, karena disinal mereka mencari nafkah, selain jualan motor ke publik.

Tahun 2003 Indonesia sempat ditawarkan 999 RS03 !

Beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2003, Ducati Indonesia (belum beralih ke PT Supermotto) sempat ditawarkan varian Superbike 999 RS03 alias Speck down 999R  FO3 besutan Neil Hodgson yang kala itu berhasil menjadi juara dunia. Namun karena waktu itu komunitas Ducati masih kecil dan belum memiliki tim balap seperti sekarang, tawaran itu terpaksa ditolak, dan dialihkan kepada 999R Fila Version yang merupakan varian on road dari 999R Fo3 Neil Hodgson.


5 comments on “Ducati , Kok Rajin Banget Ikut Balapan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s