DDOC Jkt-Bdg-Garut Tour Jan’08… Part 1

Saat long weekend tanggal 10-13 Januari lalu, beberapa rider ingin memanfaatkannya untuk riding keluar kota, tapi tidak terlalu jauh. Akhirnya 5 rider berangkat menuju Garut & Bandung. Rencana awal adalah menginap semalam di Garut, lalu 1-2 malam di Bandung. 5 rider yang berangkat adalah:
1. Kemal – Multistrada 1000DS sebagai RC
2. Jade – S2R 1000
3. Jewel – M900
4. Ramos – S4RS
5. Eko –M750 sebagai sweeper

Bro Erwin (SS900) yang rencananya akan ikut tidak jadi karena baru menyelesaikan motor bro Jade yang dibongkar dini hari. Motor bro Erwin sendiri belum selesai.
Tapi bro Erwin & bro Sattar mengantar kepergian rombongan di Shell Pancoran.
Riding kali ini dipenuhi berbagai insiden & misteri….


Hari Kamis (10/1) peserta kumpul di shell Pancoran jam 5 pagi. Akhirnya berangkat jam 545. Sebelum berangkat kita kebetulan bertemu & sempat beramah tamah dengan sekelompok pengendara Honda CBR 150 yang akan touring ke
Semarang.

pagi2

Kita berangkat melalui jalur biasa ke a
rah Cikampek, melalui Pd.Gede-Bekasi-Karawang dan berhenti untuk sarapan di Sate Meranggi Purwakarta. Waktu saaat itu menunjukkan jam 730. Disini bro Jewel tersengat lebah telapak tangannya, tapi tidak mempengaruhi handling motor.
purwakarta

Setelah kenyang makan, perjalanan dilanjutkan kembali sekitar jam 845 melalui jalur subang. Jalur ke arah Subang kali ini lumayan agak ramai, tapi tetap jalur yang menyenangkan.

Jalurnya dominan aspal mulus….
aspal mulus

…dan asri
sejuk

Terlihat bro Amos mengutak-ngatik cameranya, hal yang sebelumnya jarang dilakukan.
asyik dengan camera

Bagaimanakah hasilnya?
jade

sweeper

Lumayan lah, mengingat jarang sekali ada foto sweeper/sie dokumentasi ketika riding 🙂

Selepas kota Subang motor bro Jade mengalami masalah. Motor mati & tidak mau distarter. Dugaan sementara aki soak. Setelah dibongkar terlihat juga kalau kabel ground kendur. Setelah diberikan pertolongan pertama, motor didorong & mau nyala lagi.
trouble

Kita langsung mencari bengkel motor terdekat untuk penanganan sementara.
perbaikan

Setelah selesai membersihkan & mengencangkan koneksi2 kabel, perjalanan dilanjutkan ke arah sumedang. Dari arah Subang belok kiri di Tugu Nanas, melewati kebun2 di kiri-kanan jalan.
peaceful

Jalanan disini juga lumayan mulus, sepi, berliku & menyenangkan.
mulus

berliku

Tapi kesenangan tersebut tidak bertahan lama. Motor bro Jade terlihat beberapa kali slip ban belakangnya. Ternyata motor bro Jade bermasalah lagi. Lumayan serem karena beberapa kali mesin mati di tikungan, menyebabkan ban belakang terkunci. Akhirnya berhenti lagi di sebuah lapangan kosong di depan mesjid.

Setelah berusaha sebisanya, motor bro Jade dianggap sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan dan diputuskan untuk diangkut ke Bandung. Apabila dipaksakan dijalankan dikhawatirkan akan mempersulit penanganan apabila ada masalah lagi karena jalan yang kita pilih adalah jalan alternatif yang lumayan sepi. Pemilihan tujuan Bandung juga semata2 mempermudah tim mekanik yang langsung dihubungi di Jakarta, untuk segera menyusul.
diangkut

Beberapa motor yang parkir dan pengangkatan motor ke atas pick up sempat mengundang perhatian warga (tadinya disitu sepi banget, Cuma ada beberapa tukang ojek)
tontonan

Misteri #1: Bro Kemal sedang apa?
iseng

Setelah motor terangkut kita melanjutkan perjalanan dengan perubahan rencana. Sekarang kita balik arah, menuju Bandung lewat Lembang. Di SPBU daerah Subang awan hitam tebal mulai terlihat. Semua (kecuali bro Kemal) menduga akan segera hujan sehingga menyiapkan rain gear masing2. Bro Amos yang tidak membawa rain gear dipinjamkan oleh bro Jade yang harus ke Bandung naik pick up bareng motornya.

Terlihat lucu karena rain gear bro Jade adalah model one piece dan kebesaran untuk bro Amos.
jas hujan

Ternyata hujan hanya gerimis ringan. Dan kita berhenti untuk makan siang di resto Sunda di daerah sebelum Ciater
makan di ciater

Bro Amos burnout tapi sayang ban, jadi di pasir aja
burnout

Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan. Jalan menuju Lembang berliku2, mulus dan sangat menyenangkan. Saya sendiri terlalu menikmati jalan tersebut sehingga ngga foto2. Jalanan juga relatif sepi.
jalan sendiri

Kita tiba di penginapan di Bandung sekitar jam 330 sore. Cassadua Residence di daerah Pasteur. Istirahat sebentar sambil menunggu motor bro Jade tiba.
casadua

Bro Jade tiba sekitar jam 4an. Setelah menurunkan motor ternyata hujan turun dan semua kembali ke kamar untuk melanjutkan istirahat.

Sekitar jam 530 hujan sudah berhenti. Saya sendiri, bro Jewel & bro Amos yang tidak bisa tidur memutuskan untuk riding keliling kota sambil mencari toko2 aksesori motor, yang ternyata tutup karena libur Tahun Baru Hijriah. Setelah keliling kira2 sejam, kita kembali ke hotel.

Setelah kembali ke penginapan ada yang janggal.
Misteri #2: Motor siapa yang ngga ada? Dan kemana perginya?
🙂
multi kemana|

Setelah semua berkumpul kembali, kita berencana makan malam. Bro Bibin yang sudah tiba di penginapan langsung mengecek motor bro Jade, sekalian mengecek motor bro Kemal yang dikeluhkan bergetar stangnya.

Karena cuma ada 3 motor yang siap jalan, sedangkan ada 5 orang, kita menghubungi teman2 di Bandung untuk menjemput. Atas saran penghuni Bandung tersebut kita makan di Paskal, Pasir Kaliki Hyper Square (?).

Misteri #3: Siapakah yang biasanya fotonya penuh gaya tapi disini ‘sok cool’?
dinner di paskal

Setelah kembali ke penginapan diketahui motor bro Jade tidak memungkinkan untuk diperbaiki di lokasi dan harus dibawa kembali ke Jakarta, dan getaran setang motor bro Kemal berasal dari bearing yang jebol. Karena tidak ada jackstand untuk bongkar, terpaksa motor bro Jade dan bro Kemal diangkut ke Jakarta untuk diperbaiki di bengkel.

Bro Kemal & bro Jade sendiri yang tanpa motor memutuskan untuk ikut pulang bersama bro Bibin Jumat paginya.

Misteri #4: Bro Kemal pake apa dibalik bendera?
bendera

End of part 1….

By ekowd Posted in Event

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s