Superbike Touring @ Sentul

mejeng

Weekend tanggal 14-15 Juni 2008 lalu Ducati diundang untuk mengikuti ‘Superbike Touring @ Sentul’ sebagai supporting race di acara Indoprix. Sebenernya animo member lumayan tinggi, apalagi dengan dukungan ATPM & waketu DDOCI untuk masalah akomodasi motor, transportasi & pendaftaran. Sayangnya persyaratan yang ketat & waktu persiapan yang sempit membuat event ini ‘tidak seramai seharusnya’. Tapi persyaratan safety yang ketat memang dibutuhkan dan tidak boleh ada kompromi, seperti wearpack atas-bawah, helm full face model ikat, sepatu boots & long full gloves. Motornya sendiri juga harus tanpa lampu-lampu & standar samping/tengah.



Awalnya tercatat 12 motor Ducati terdaftar. Sayangnya karena ada kendala teknis, starter menjadi 10 motor, yaitu:
1. Didi – ST2
2. Eko – ST2
3. Jade – Monster S2R 1000
4. Bona – Monster S4
5. Triatmono – Monster S2R 800
6. Iboy – Monster 620
7. Nugroho – 1098s
8. Ochi – 1098
9. Danang – MTS 1000
10. Andre – MTS 1000

Acara dimulai Sabtu pagi, briefing jam 9 pagi. Setelah mendapat penjelasan mengenai hal-hal penting dalam track oleh H.Dyan, peserta siap2 untuk mengikuti qualifying practice. Karena padatnya jadwal, kita hanya mendapat jatah QTT & race.
Walaupun paginya hujan, track terlihat sudah lumayan kering saat kita masuk, walaupun masih agak lembab. Tapi sebagian besar peserta sudah bisa memacu motornya tanpa khawatir akan kondisi track. Setelah selesai, kita makan di kantin sambil berbagi pengalaman. Lalu sebagian pulang tapi the ‘real racer’ seperti bro Didi, Bona & Nugroho harus bersiap2 lagi untuk turun di balapan beneran, kelas Superbike.

Esok paginya hal yang ditakutkan terjadi. Hujan deras sepagian. Tapi karena saat akan race hujan sudah berhenti (sedikit gerimis) dan track dinyatakan aman, maka balap dilanjutkan dengan kondisi ‘Wet Race’.

Persiapan sebelum keluar ke track

Sesaat sebelum start


Track masih basah & masih banyak genangan air. Walhasil semua peserta beneran berlaku sesuai judul acara, ‘Superbike Touring’. Keliling sentul dengan extra hati2. Tidak ada aksi rebah2an bro Didi & bro Nug seperti saat QTT sehari sebelumnya, walaupun mereka akhirnya tetap ngebut juga.

Start sekitar jam 10 lewat, seperti biasa, Andre sang Drag Racer melesat maju meninggalkan rombongan, diikuti bro Didi & Eko. Saat lap-lap awal, masih terlihat seru dan bergerombol. Tapi lama-kelamaan jarak mulai merenggang akibat reaksi yang berbeda-beda terhadap track yang basah. Dalam sekejap bro Didi & Andre langsung menghilang di depan, diikuti dengan serunya persaingan antara bro Nug & Danang. Eko touring sendiri di tengah, diikuti serunya gerombolan Monster di belakangnya.

Bro Andre & Didi di depan

Group tengah saat awal2

Gerombolan monster

Foto action lain di S kecil (R7) selama perlombaan

Sedikit insiden dimana bro Danang menginjak patch yang licin dan terpeleset ban depannya. Tidak ada yang terluka & damage motor sangat minimum sekali. Hanya baret di handgrip & gear shifter patah. Tidak ada baret sama sekali di body.


Sayangnya karena gear shifter patah, bro danang tidak bisa melanjutkan touring & harus masuk pit


Selain insiden tersebut, tidak ada hal lain yang heboh kecuali motor yang bergoyang terus karena track licin.
Setelah masuk pit, langsung menuju podium.


Hasil overall

Kelas Superbike

Kelas Monster

Kelas Sport Touring

Kelas Multistrada

‘Pembalap’ pada kelaparan, langsung menuju kantin lagi. Setelah kenyang bubar, kecuali para pembalap beneran yang masih harus turun di kelas Superbike. Sebelum bubar foto dulu

“UMBRELLA GIRLS CAKEP DI KIRI !!!!”


Victorious smile Mr.Presidente, the fastest man of DDOCI 2008


Demikian acara ‘Superbike Touring @ Sentul’ bulan Juni 2008.
Ada gossip kalo akan diadakan lagi Ducati Fun Race di bulan Agustus ini seperti tahun lalu, lengkap dengan sponsor & waktu persiapan yang lebih matang. Don’t miss it!!!

PS: Baca juga versi & foto lain dari report acara kali ini di blog bro Nugroho & bro Triatmono.

By ekowd Posted in Event

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s