Aside

ImageRute touring Jakarta-Palembang

Awal September 2013 ini beberapa rekan DDOCI memutuskan untuk melakukan touring menengah-jauh ke Palembang. Keterbatasan waktu menyebabkan ada sebagian yang motornya diangkut dan start dari Lampung, sementara sebagian lagi akan ride dari Jakarta. Pulangnya pun demikian, ada yang diangkut langsung dari Palembang, dan ada yang berencana untuk riding kembali ke Jakarta.

Touring dimulai dengan loading motor yang diangkut dari Showroom Ducati Indonesia, SCBD, pada hari Senin tanggal 2 September 2013

IMG-20130902-WA0004-156503180

Day 1, Rabu, 4 September 2013

Rencana riding hari ini adalah dari Jakarta ke Lampung yang akan diikuti oleh 5 rider. Bro Erwin (Multistrada), Husein (Diavel), Iwan R (BMW GS), dan Eko (Monster 750, sweeper) berkumpul di Shell Pondok Indah jam 4 AM lalu start jam 4.30 AM untuk bertemu dengan bro Syahrizal (ER-6N) di McD Bintaro sektor 9.

IMG-20130912-WA0002-1250018454Meeting point, Shell Pondok Indah

Awalnya perjalanan dari Pondok Indah-Bintaro-BSD-Kota Tangerang-Jl.Raya Serang berjalan dengan lancar. Kondisi jalan cukup baik dan lalu lintas juga belum terlalu padat. Tapi sekitar jam 6.30 AM di sekitar daerah Cikande, diawali dengan adanya antrian perbaikan jalan, lalu traffic mendadak berhenti total. Apesnya kita berhenti dimana truk di depan kita berada di sebelah gundukan pasir pekerjaan perbaikan jalan yang menyebabkan motor kita tidak bisa lewat sampingnya. Padahal bila bisa melewati 2 truk di depan kita, bisa terus melanjutkan perjalanan. Kami berhenti cukup lama, tidak bergerak sama sekali sekitar 1,5 jam. Saat bergerak pun hanya bergerak beberapa puluh meter lalu kembali berhenti cukup lama. Ke depannya perjalanan kembali terhadang beberapa hambatan seperti pasar tumpah dan bubar/masuk pekerja pabrik. Tapi menjelang dan setelah kota Serang jalan kembali lancar.

IMG-20130912-WA0003Truk besar disebelah galian

IMG-20130908-WA0015Parkir motor di tengah jalan, duduk-duduk di pinggir

Total waktu ditempuh untuk perjalanan Jakarta-Merak yang menurut GPS hanya berjarak sekitar 110km ditempuh dalam 6 jam.
Lesson learned mengenai rute Jakarta-Merak adalah sebaiknya berangkat sangat pagi dengan target sampai Merak jam 6 pagi, atau sekalian berangkat diatas jam 8 AM dimana menurut warga lokal sekitar jam 10 AM Jl.Raya Serang sudah lumayan lancar.

Saat akan menyebrang selat Sunda, ferry yang siap berangkat ternyata kurang nyaman untuk parkir motor sehingga kami memutuskan untuk menunggu ferry berikutnya. Keputusan yang tepat. Alhamdulillah mendapatkan ferry yang cukup baik kondisinya dengan parkir motor di dek atas dan ruang Eksekutif yang menyediakan sofa panjang, sesuatu yang kami sangat butuhkan untuk istirahat selama penyebrangan mengingat kita berangkat pagi buta dan macet parah cukup menguras tenaga. Perjalanan ferry sendiri tidak secepat biasanya yang membutuhkan waktu 2,5 jam, tapi tidak terlalu lama. Antrian docking menyebabkan perjalanan ferry molor menjadi 3,5 jam. Kita turun dari ferry sekitar jam 14.30.

SC20130912-235117-1Ferry RORO Merak-Bakauheni

SC20130913-085517-1Eksekutif Room dengan sofa

Disambut oleh monumen Siger sebagai lambang/icon Lampung, setelah beberapa motor isi bensin di Bakauheni, kami melanjutkan perjalanan menuju Bandar Lampung. Setelah sekitar 10 km pertama dimana jalan cukup terjal naik turunnya dengan aspal yang tidak rata akibat beban truk besar, jalan selanjutnya cukup mulus dan menyenangkan. Sekitar km 38 dari Bakauheni, kami memutuskan untuk berhenti sejenak di daerah wisata Kalianda, tepatnya The Grand Elty Krakatoa Nirwana Resort. Setelah menikmati pemandangan pantai dan ngopi sejenak, jam 16.30 kita melanjutkan perjalanan.

IMG-20130905-WA0001Monumen Siger

SC20130913-085523-1Ngupi di Grand Elti, Krakatoa Nirwana Resort

IMG-20130905-WA0004View pantai Kalianda

Leg terakhir dari Day 1 berakhir di Novotel Hotel Lampung sekitar jam 18. Di hotel sudah berjejer rapi motor-motor yang diangkut yang sudah tiba lebih dulu di Lampung. Total riding Day 1 adalah sekitar 190km dengan waktu tempuh total 13,5 jam.

Sampai hotel beberapa rekan ngobrol di lounge hotel, sebagian lagi istirahat untuk persiapan riding besoknya yang merupakan rute terjauh touring kali ini. Mulai Day 2 akan bergabung brothers Jade (paketu DDOCI, Panigale), Roberto (Multistrada 1200), Beni (Multistrada 1200), Gunawan (Monster), Bakhtiar (Multistrada 1200), Reza (Monster), Bonny (Monster), Robby (Monster), Vanny (Hypermotard) & Ade (Monster), dengan total 15 motor.

IMG-20130905-WA0003Lobby Novotel Lampung

Day 2, Kamis, 5 September 2013

Setelah sarapan pagi di hotel, kita start riding jam 7 sesuai schedule. Isi bensin Pertamax, kami mengambil back roads lewat Kemiling agar tidak perlu melalui traffic rush hour kota Bandar Lampung.

Perjalanan menuju Pringsewu-Kota Agung dilalui dengan hati-hati karena traffic commuter masih lumayan padat. Sedikit solo incident, kami segera melanjutkan perjalanan dengan target makan siang di Pantai Krui, Lampung Barat.

IMG-20130906-WA0000Solo incident yang menarik perhatian warga. Stop sebentar langsung lanjut kembali

Setelah isi bensin di Kota Agung, kami mulai memasuki Taman Nasional Bukit Barisan. Jalur memotong Bukit Barisan artinya jalur yang dilalui terdiri dari banyak tanjakan dan turunan landai-curam dan tikungan-tikungan yang lumayan menantang. Kondisi jalan secara keseluruhan cukup baik, dengan pemandangan hutan yang sangat asri dan udara pegunungan yang sangat sejuk.

kota agungIsi bensin di Kota Agung, tidak melewatkan narsis-time😀

SC20130912-235340-1Taman Nasional Bukit Barisan yang mulus dan asri

Setelah memotong pegunungan Bukit Barisan, kami sampai di daerah pantai Barat Lampung. Berbeda dengan sebelumnya, jalanan didominasi dengan jalanan lurus yang kosong. Lumayan buat italian tune up🙂

Sekitar jam makan siang kami berhenti di salah satu warung makan di pinggir pantai Krui. Pemandangannya sangat indah dengan ombak yang bagus. Tidak heran pantai Krui menjadi salah satu surfing destination tourist mancanegara di Indonesia bagian Barat. Sepanjang jalan kami bertemu banyak orang asing naik scooter dengan surfing board terikat di motor.
Sayangnya pemandangan indah pantai Krui tidak disertai dengan pelayanan dan makanan yang enak. Alangkah baiknya bila Pemda setempat lebih mengembangkan aspek pariwisata dari daerah yang sudah lumayan diminati wisatawan ini.

SC20130912-235424-1Pantai Krui, Lampung Barat

Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju Muara Dua dengan rencana stop di Danau Ranau. Jalur antara Krui-Liwa sebenarnya sangat menantang. Sayangnya jalan cukup sempit dan aspalnya kurang mulus sehingga sedikit mengurangi kenikmatan riding di jalur tersebut.
Sampai Liwa sudah waktunya mengisi BBM kembali. Ternyata SPBU yang menjual Pertamax tidak ada di kota Liwa, sehingga kami harus menyimpang keluar jalur sekitar 15 km ke arah Bukit Kemuning untuk mendapatkan Pertamax.

Setelah mengisi BBM perjalanan kami lanjutkan. Awan yang tebal mengindikasikan akan hujan deras, dan ternyata benar. Hujan deras ditambah kondisi jalan yang cenderung sempit dan banyak lubang membuat sisa perjalanan menuju Muara Dua kami jalani dengan sangat ‘biasa’. Hujan deras juga menyebabkan rencana mampir Danau Ranau kami batalkan. Pada saat ini rombongan sudah terbagi 2 group, sesuai pace nyaman masing-masing.
Rombongan terakhir tiba di Muara Dua sekitar jam 18.00. Sekitar 20km terakhir perjalanan sudah berhenti hujan, tapi awan gelap masih terlihat sehingga kami buru-buru mencari hotel kami, Samudra Hotel, sebelum hujan turun lagi. Walaupun hotel tersebut paling bagus di Muara Dua, kenyataannya kondisinya cukup memprihatinkan. Ditambah mati lampu dari malam sampai pagi, membuat peserta yang memesan kamar ber-AC seolah rugi tidak mendapatkan yang dibayar. hehehe

IMG-20130909-WA0000Samudra Hotel, Muara Dua

SC20130913-085520-1Hujan deras sepanjang malam

Malam harinya hujan deras kembali mengguyur. Karena tidak ada tempat makan disekitar hotel, kami memanfaatkan backup car untuk mengantar kami ke restoran Padang tidak terlalu jauh dari hotel (karena memang kota kecil). Setelah makan malam kami kembali ke hotel untuk beristirahat untuk persiapan perjalanan keesokan harinya.

Day 2 kami tempuh sejauh sekitar 400 km dengan total waktu tempuh sekitar 11 jam.

To be continued…

Touring Jakarta-Palembang Sept’13 (Day 1-2)