Ducati Experience Day (DED), 13 Maret 2014

image

Pada hari Kamis tanggal 13 Maret 2014 lalu, ATPM Ducati Indonesia bekerjasama dengan DDOCI mengadakan Safety Riding dengan judul Ducati Experience Day (DED) yang berlokasi di Sentul, Jawa Barat. Mulai hari Rabu tanggal 12 Maret para peserta sudah mulai berdatangan karena acara akan dimulai Kamis pagi. Biaya pendaftaran Rp.600rb (khusus member DDOCI) sudah termasuk akomodasi di hotel Lor In yang berada dalam kompleks Sentul + breakfast, sewa sirkuit sehari penuh, angkut motor ke/dari Sentul, makan siang, pelatihan safety riding oleh certified trainer, trophy Fun Race, sertifikat, dsb. Satu lagi manfaat menjadi member DDOCI (sebagai info, sewa track only per hari untuk moge biayanya sekitar 500rb).

Tujuan utama dari diadakannya acara DED ini adalah untuk meningkatkan kemampuan riding secara keseluruhan untuk daily ride dan khususnya touring jauh… bagaimana cara handling motor yang baik dan benar sehingga tidak lelah di jalan, dan dapat mengantisipasi serta menghadapai berbagai permasalahan yang mungkin muncul di jalan. Dan tempat yang paling tepat untuk berlatih adalah di sirkuit yang merupakan controlled environment, dimana kita bisa ‘melupakan’ sejenak faktor-faktor eksternal seperti orang atau kendaraan yang tiba-tiba menyebrang, tumpahan oli, trotoar, dsb. Dengan mengikuti acara ini kita juga mendapatkan pengalaman untuk riding di sirkuit bertaraf internasional yang pernah digunakan event-event akbar seperti GP500 dan A1GP.

Kamis pagi setelah sarapan para peserta sudah berada di lobby jam 630 pagi. Rencana acara akan dimulai di sirkuit Sentul jam 7 pagi. Ritual memanaskan motor dan narsis dengan wearpack baru dilakukan dengan ceria😀 Ada juga yang membeli bensin dulu di SPBU terdekat. Cuaca terlihat cerah.

image
Motor sudah siap di lobby hotel Lor in

Sekitar jam 7-730 rombongan bergerak menuju sirkuit sentul dimana sudah disediakan paddock sebagai pusat acara. Akan ada briefing teori dulu sebelum praktek di sirkuit. Sambil menunggu, acara narsis bersama dilanjutkan.

image
Motor berjejer di depan paddock Sentul

image
Wearpack berbagai angkatan… (dan ukuran)😀

Sekitar jam 8 acara dimulai dengan pemaparan teori oleh H.Dyan Dilato yang menjadi instruktur Safety Riding kali ini. Setelah teori, dilanjutkan praktek formasi touring di dalam sirkuit. Karena peserta yang mencapai 35 motor, rombongan dibagi menjadi 2 group.

image
Pemaparan oleh H.Dyan Dilato

image
Ready for track

Setelah touring formation dilanjutkan dengan track day di sirkuit dengan bimbingan H.Dyan. Peserta bebas keluar masuk sirkuit selain saat dilakukan briefing yang dilakukan berkala. H.Dyan juga secara bergantian membonceng para peserta yang berminat untuk melihat dan mengalami secara langsung berbagai tehnik yang sudah diajarkan teorinya. Briefing yang dilakukan bersifat evaluatif atas apa yang diamati oleh instruktur terhadap peserta di lapangan. Hal ini terus dilakukan sampai waktunya lunch break. Makan siang disediakan oleh panitia di paddock. Tapi ada juga yang kembali ke hotel untuk beristirahat dan check out.

Setelah makan siang masuklah pada acara yang sudah ditunggu-tunggu, Fun Race! Fun Race ini adalah simulasi balap di sirkuit Sentul dengan menerapkan semua yang sudah dipelajari, dengan cara dilepas secara bersamaan dari garis start. Walaupun dilepas secara bersamaan, penentuan juara dibagi dalam beberapa kelas. Fun Race dilakukan 2x dengan masing-masing 4 lap. Walaupun simulasi, suasana kompetisi tetap terasa dan seru!

image
“Start your engine…”

Secara bersamaan dilakukan test ride motor-motor baru Ducati Indonesia seperti Monster 796, Hypermotard 821 dan Superbike 899 Panigale. Acara ini dihadiri berbagai media cetak dan elektronik yang melakukan review motor baru dan meliput acara DED. Berikut adalah beberapa contoh liputan media elektronik yang hadir pada hari tersebut:

image

image

image

image

Demikian acara safety riding pertama tahun 2014 ini. There’s more to come!
See you on our next Safety Riding course….

Ride Safe Ride Ducati!

6 comments on “Ducati Experience Day (DED), 13 Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s