Touring Pelabuhan Ratu 8-9 Februari 2014

image

Pada hari Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Februari 2014, DDOCI berencana untuk melakukan short touring yang sekaligus merupakan touring pertama kepengurusan baru. Tujuan yang dipilih adalah Pelabuhan Ratu yang cukup dekat, sekitar 140-150km bila menempuh jalur langsung. Diluar dugaan, peminat touring tersebut mencapai 50 motor dari berbagai tipe. Memang selain untuk trip itu sendiri, touring pendek ini juga bermaksud untuk memperkenalkan atau mem-familiarize touring DDOCI kepada member, khususnya teman-teman yang belum pernah touring bersama DDOCI.

Berkumpul jam 4AM di SPBU Pertamina TB Simatupang (dekat Elnusa), setelah sholat subuh, sarapan burger McD yang disediakan panitia, briefing rute dan formasi, rombongan start sekitar jam 530AM. Mengingat jumlah rombongan yang besar, panitia membagi rombongan menjadi 4 group kecil dengan peserta 10-12 orang per group termasuk RC dan sweeper. Rombongan juga dikawal oleh 2 motor patwal agar peserta baru dapat lebih fokus pada riding experience yang safe dan aman.

image
SPBU Pertamina Elnusa sebagai meeting point

image
Briefing sebelum jalan

Menuju Pelabuhan Ratu rute yang diambil via TB-Simatupang-Lt.Agung-Margonda-Jl.Raya Bogor-Bogor- Ciawi. Dari Ciawi kami memutar via Cisarua-Cipanas-Cianjur dan kembali menuju Sukabumi. Perjalanan yaang masih pagi dan mendapat pengawalan menjadikan keseluruhan perjalanan dapat dibilang lancar. Pada awalnya pembagian group berjalan dengan baik, waalaupun jarak antar group lumayan jauh. Rombongan depan berhenti sejenak di Ciawi untuk regroup dengan rombongan belakang. Masalah dengan rombongan besar adalah bila berhenti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk jalan lagi karena berbagai keperluan dari sekian banyak orang…. ada yang minum, ke toilet atau sekedar merokok.

image
Regroup di depan RSUD Ciawi

Setelah semua rombongan berkumpul perjalanan dilanjutkan dengan rencana isi bensin di daerah Cipanas. Selama perjalanan kami bertemu dengan beberapa group lain yang juga sedang riding, diantaranya group bro Yos Heri, group bro Dondy dan bro Doni, dan beberapa group Harley. Ternyata SPBU yang direncanakan untuk isi bensin tidak ada Pertamax. Rencana untuk lanjut dan mencari SPBU selanjutnya terhambat, karena masalah group besar yang disampaikan diatas. Ada yang mencari toilet, dsb. Akhirnya diputuskan untuk istirahat sejenaak.

image
Istirahat di SPBU Cipanas

image
Bahkan sudah ada yang pesan bubur😀

Setelah selesai istirahat lanjut ke SPBU berikutnya dan sebagian besar isi bensin di SPBU tersebut. Sebagian lagi mencari SPBU lain agar antrian tidak terlalu panjang.

Perjalanan dilanjutkan menuju Cianjur dan belok menuju Sukabumi. Pada saat ini formasi group awal sudah mulai berantakan… hehehe. Tapi memang yang dicari adalah pengalamannya dan berharap panitia daapat lebih baik lagi pada touring-touring selanjutnya. Setelah menempuh jalan yang relatif bagus di area puncak, perjalanan menuju Sukabumi dihadapkan dengan jalan yang kondisinya kurang baik. Banyak lubang dan gelombang, serta genangan air yang membuat jalanan licin karena lumpur. Setelah melewati jalan tersebut, rombongan berbelok ke jalan bypass agar tidak perlu masuk dalam kota Sukabumi. Di jalan tersebut juga kami merencanakan untuk berhenti makan siang di RM Saung Panorama yang sekaligus menjadi pemberhentian terakhir kita sebelum sampai di tujuan. Sayangnya ada beberapa rider yang terpisah dari rombongan dan keterusan… akhirnya mencari makan siang sendiri.

image
RM Saung Panorama – Lesehan Sunda

image
Suasana makan siang yang ceria

image
Kebetulan bersamaan dengan ultah bro Agung… “Happy Birthday, Bro!”

image
Tidak lupa sebuah lagu persembahan bro Opung

image
Setelah kenyang, siap jalan lagi

Setelah kenyang dan cukup istirahat kami melanjutkan perjalanan. Bro Dondy dan bro Doni yang bergabung dengan rombongan dari SPBU di Cipanas berpisah untuk langsung lanjut kembali ke Jakarta. Sisa perjalanan menuju resort dilalui dengan fun. Jalan yang mayoritas mulus dan cenderung sepi walaupun agak sempiit dapat dilalui dengan speed yang lumayan ‘lancar’. Akhirnya kami tiba di Ocean Queen Resort pada jam 16an. Di lokasi sudah ada beberapa rider yang tadi terpisah dan tidak makan siang bareng, serta bro Syahrizal yang memang solo touring via Ciawi langsung menuju Pelabuhan Ratu, dan bro Yose yang kebetulan ada acara kantor dan sudah berada di lokasi dari sehari sebelumnya. Sayangnya karena ada acara, bro Yose harus segera kembali ke Jakarta sore itu juga.

image
Ocean Queen Resort

image
Group ngebut sampai

image
Santai dulu

image
Yang ini terlalu santai😀

Sempat hujan cukup deras, setelah berhenti kita atur formasi motor untuk group photo. Malamnya lanjut makan malam BBQ seafood yang disiapkan panitia serta pembagian pim touring dan safety riding. Sisanya adalah acara bebas dan istirahat untuk persiapan perjalanan kembali ke Jakarta besok paginya.

image
Motor jejer di pantai

image
Peserta touring

image
BBQ seafood dinner

image
Pembagian pin touring dan pin safety riding secara simbolis

Hari minggu paginya, para peserta sudah mulai siap-siap dari jam 4 pagi. Rencana berangkat jam 6 setelah sarapan di restoran hotel. Keluar dari villa rombongan langsung menuju SPBU terdekat, masih di daerah Pelabuhan Ratu. Selesai mengisi bensin melanjutkan menuju Jl.Raya Sukabumi yang menghubungkan Sukabumi dan Ciawi. Ternyata walaupun banyak yang sudah sering ke Pelabuhan Ratu, tetap saja rombongan beberapa kali salah belok sehingga berputar-putar. Hal ini diperparah dengan adanya beberapa ruas jalan yang digunakan sebagai lokasi olahraga Car Free Day.

image
Heading home…. 146 km to go

image
Riding di area Pelabuhan Ratu

image
Walaupun nyasar, narsis jalan terus😀

Keseluruhan perjalanan pulang cenderung tidak ada kendala. Tidak terlalu macet tapi banyak jalan berlubang antara Sukabumi dan Ciawi. Seperti diduga sebelumnya, rombongan mulai terpisah-pisah karena perbedaan pace dan adanya ruas-ruas padat seperti pasar tumpah. Rombongan regroup kembali di SPBU Bogor. Di Bogor beberapa rider sudah berpisah karena ada yang tinggal di Bogor, dan ada yang ingin keliling bogor dulu sebelum kembali ke Jakarta.
Sempat hujan sebentar di Bogor, rombongan melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan end point di Cilandak Town Square. Seperti yang sudah diantisipasi sebelumnya, Jl.Raya Bogor Minggu siang cukup ramai. Kawalan Patwal sangat membantu, sampai akhirnya masuk daerah Depok. Macet yang cukup parah akihirnya membuat rombongan terpencar-pencar. Tapi karena sudah di lokasi yang familiar, akhirnya semua mengambil jalan masing-masing. Ada yang langsung pulang dan ada yang melanjutkan sampai meeting point akhir di Citos.

Demikian perjalanan short tour DDOCI ke Pelabuhan Ratu kali ini.

image
Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasinya

See you on our next trip…

Ride Safe Ride Ducati!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s